Teknik Dasar Belajar Fotografi Bermodalkan Kamera HP, Hasilnya akan Sebening Jepretan Profesional

Teknik Dasar Belajar Fotografi Bermodalkan Kamera HP, Hasilnya akan Sebening Jepretan Profesional 

Belajar fotografi otodidak bukanlah perihal tidak mungkin untuk dilakukan. Nggak wajib memakai kamera DSLR mahal, belajar fotografi pemula juga mampu dikerjakan hanya bersama dengan bermodalkan kamera HP saja. Dibanding belajar fotografi DSLR, belajar fotografi smartphone justru lebih enteng sebab tak wajib ribet mengatur setting kameranya. Selama jelas tehnik fotografi basic dan pasti saja spesifikasi HP-nya mumpuni, hasil jepretan kamera HP pun nggak kalah keren dari kamera DSLR kok.

Kalau masuk sekolah atau universitas teknik dasar fotografi smartphone, anda bakal diajarkan materi basic fotografi yang lebih mendalam. Namun materi-materi fotografi kini mampu didapatkan bersama dengan enteng di internet. Selain itu, juga banyak layanan workshop fotografi yang menyajikan materi basic ini.  Sebagai pemula yang rela belajar fotografi dari HP, perlu untuk jelas mutu kamera ponselmu. Kalau sebenarnya mumpuni atau memungkinkan, langkah langkah belajar fotografi selanjutnya bakal lebih enteng diikuti.

1. Hal pertama yang wajib dikerjakan kala belajar fotografi bersama dengan ponsel yaitu jelas kapasitas dan kekuatan kameranya

Karena rela belajar fotografi, setidaknya anda wajib jelas tiga spesifikasi basic tersebut. Akan lebih baik jika tiap bakal memotret, atur ke resolusi tertinggi. Meski tak menjamin mutu gambarnya jadi lebih bagus sebab bergantung juga di lensa kameranya, setidaknya bersama dengan mengatur ke resolusi tertinggi, hasil foto nggak bakal pecah dan aman digunakan untuk keperluan apa pun.

2. Jangan risau untuk mengutak-atik pengaturan kamera ponsel sepanjang belajar fotografi dari HP

Mulailah untuk lebih berani mengutak-atik setting kamera ponselnya, layaknya HDR mode, shutter, atau lebih-lebih ISO-nya.  Tak persoalan jika sesekali foto yang dihasilkan belum begitu bagus, bersama dengan banyak berlatih dan trial error setting kamera, lambat laun anda bakal mendapatkan pengaturan yang paling tepat kok. Sebagai panduan, di poin berikutnya juga ada lebih dari satu tips mengatur setting kamera yang mampu anda tiru dan praktikkan.

3. Komposisi basic tak hanya perlu saat belajar fotografi alam saja. Foto produk dan juga type pun wajib menerapkan teori komposisi ini

Tujuan mengatur komposisi di dalam fotografi ialah untuk membangun ‘mood’ foto agar objek di dalamnya jadi lebih seimbang. Manfaatkan fitur ‘grid’ terhadap kamera ponsel untuk memperoleh komposisi objek yang paling tepat. Untuk memudahkan pengaturan komposisinya, pilihlah satu objek yang paling dominan selanjutnya cek di di dalam frame apakah objek selanjutnya udah lumayan jelas atau wajib digeser lagi. Selain menggeser kamera anda juga mampu mempertajam komposisi bersama dengan membersihkan tempat atau benda yang mengganggu di sekelilingnya.

4. Perhatikan tiap tiap pantulan cahaya di tempat yang rela dipotret dan pahami betul kapan wajib memakai flash agar hasil foto lebih maksimal

Penggunaan flash hanya direkomendasi saat pencahayaan objeknya kurang. Selebihnya, anda mampu memakai cahaya alami di kurang lebih objek yang rela dipotret. Nah, sebab kamera ponsel nggak sesensitif mata atau kamera DSLR, maka usahakan untuk memotret di ruangan yang terang — jika rela foto indoor. Sedang, jika anda rela memotret objek di luar ruangan, posisikan kamera di sudut yang tepat agar pencahayaannya tepat dan objek nggak membayang.

5. Untuk memperoleh hasil foto yang tak biasa, cobalah ambil dari sudut atau angle yang berbeda

Alih-alih menyita alih foto di dalam posisi sejajar, sesekali cobalah potret berasal dari sudut yang lebih rendah. Pengambilan foto di dalam sudut yang tidak sama mampu menciptakan ilusi optik atau efek yang menyebabkan objek terlihat lebih unik. Selain angle, anda juga mampu memakai properti khusus untuk berikan ilusi atau kesan tak biasa terhadap foto. Biasanya ilusi ini bakal menyebabkan foto kelihatan lebih dreamy. 

6. Aktifkan HDR jika anda memotret di tempat yang tidak cukup cahaya dan memperhatikan eksposurnya

Dua perihal ini perlu diperhatikan kala anda sedang belajar fotografi landscape. Dengan penggunaan HDR dan eksposur yang tepat, foto bakal kelihatan lebih menarik dan eyecathing. HDR atau High Dynamic Range yang digunakan untuk mengatur tingkat pencahayaan yang lebih dinamis, sedang eksposur lebih mengacu kepada sinar yang jatuh di objek pemotretan  

Sekalipun efek HDR lumayan berpengaruh, penggunaannya tak mampu sembarangan. Fitur HDR mampu diaktifkan jika cahaya di kurang lebih objeknya kurang. Saat anda mengaktifkan fitur HDR, maka kamera bakal otomatis menambah pencahayaan cocok bersama dengan kebutuhan. Salah satu momen tepat untuk Mengenakan HDR yaitu kala memotret sunrise dan sunset.

Comments

Popular posts from this blog

Jual Rumah Bandung Teraman: Temukan Properti Impian Anda dengan Keyakinan Penuh

Ini Langkah Pasang Mangaku Pro Apk di Hp

Uditch Pagar Beton di Jawa Tengah oleh Unicon